Sunday, March 10, 2013

Mengembalikan Data Yang Hilang Terformat

Posting ini saya buat berdasarkan tragedi yang saya alami kemarin siang tepatnya Sabtu, 9 Maret 2013, pukul 13.30 WIB. Begini ceritanya, saya bermaksud mencoba membuat Flashdisk menjadi RAM berdasarkan hasil pencarian dari mbah Google, alangkah gembiranya ketika saya menemukan banyak posting dari para bloggers tentang mengubah Flashdisk menjadi RAM, dan akhirnya saya memilih salah satu cara dari beberapa blog yang isinya serupa tapi tak sama. Karena terlalu gembira membuat saya langsung menyalakan netbook, tancapkan flashdisk, klik Windows Explorer klik My Computer klik kanan Format... dan Start, saya tersenyum manis, tapi kemudian berubah mengerenyutkan dahi, dan seperti mendapatkan kabar duka yang mendalam, ketika ternyata yang saya format bukanlah Removable Disk, melainkan Local Disk D. Dan kontan sayapun super Galau. Astagfirullahaladziiim "Apa dosa Hamba Yaa Alloh", sampai saya berfikir seperti itu.

Tapi dengan berbaik sangka kepada Allah, saya segera mencari solusi, dan akhirnya saya dapatkan solusinya dan Data saya kembali setelah proses hampir satu malam setengah hari, Alhamdulillah.

Caranya: anda membutuhkan software Partition Recovery, salah satu yang saya gunakan adalah EASEUS Data Recovery Wizard Professional 5.5.1, anda bisa mendownload dari link ini. Karena filenya adalah peer topeer download jadi anda butuh BitTorrent atau Utorrent download manager.

Setelah EASEUS selesai di download, install dan jalankan aplikasi. seperti gambar berikut ini:
Pilih Complete Recovery dan klik Next, dan muncul kotak dialog berikut. Pada  tahap ini pilih partisi hardisk yang tidak sengaja terformat dan klik Next
 Jika partisi sudah dipilih maka klik Next dan akan muncul Intelligent Searching seperti pada gambar berikut:
Tunggu proses ini hingga selesai, lamanya proses tergantung dari besarnya data dan kapasitas dari partisi, dari pengalaman saya, dengan besar data 180 GB dan kapasitas Partisi 200 GB menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam, yah asal sabar menunggu.
Jika proses ini selesai maka akan tampil proses Select Partition, sebetulnya tinggal ikuti proses dan klik Next hingga selesai, berikut gambar dari proses:

Pada tahap di atas adalah memilih lokasi file yang akan di kembalikan atau recover, jika anda memiliki Hardisk External atau media penyimpanan lain yang cukup besar itu lebih baik, waktu saya menggunakan partisi yang semula terformat, ada beberapa file seperti file gambar yang tidak dapat dibuka, dan setelah semuanya kembali, anda dapat memindahkannya ke lokasi semula (dalam partisi yang ter format). selanjutnya adalah proses
Tunggu hingga selesai proses, dan jika berhasil maka data yang hilang akan kembali. Tampilan berikut akan muncul setelah proses selesai:
Selamat mencoba, dan semoga berhasil. Wassalam..




No comments:

Post a Comment