Wednesday, March 13, 2013

Tips Bermain PS2 di Windows 7

Ps2 saat ini masih lumayan populer, banyak rental-rental ps2 yang masih meraup keuntungan dari menyewakan PS2, seperti yang saya lihat di tetangga sebelah rumah saya. Pemanfaatan PC pun bisa jadi solusi untuk menghemat biaya contohnya menyimpan game di hardisk pada PC yang digunakan sebagai server, dimana setiap unit PS2  terhubung ke PC melalui jaringan lan kabel (seperti jaringan LAN pada komputer, menggunakan kabel UTP dan RJ 45), sehingga setiap unit PS2 tidak perlu memakai hardisk sendiri-sendiri. Namun kali ini saya tidak membahas mengenai hal tersebut, kali ini saya akan membahas mengenai memainkan game PS2 di PC dengan OS Windows 7. Mohon maaf jika terlalu panjang dan lebar ya Gan, harap maklum.

Untuk memainkan PS2 di PC dengan OS Windows 7, kita butuh PC minimal :
- Processor Intel dual core 2,5 GHz, atau AMD Athlon X2 2,5 GHz
- Ram 2 GB
- VGA PCIe 512 MB HD

Pada pengujian, komputer yang saya gunakan:
- Mb ECS
- Processor AMD Athlon X2 2,9GHz
- VGA PCIe Digital Alliance 512 MB
- RAM 2GB VGen DDR2 800MHz PC 6400

Emulator PS2 yang saya gunakan adalah psxe2 0.9.8, anda bisa download psxe2 di sini, visual C++ 2008, dan direcx sdk. Atau jika anda terhubung dengan internet, maka tinggal ikuti saja petunjuk instalasinya. Jika semua yang dibutuhkan sudah di download kemudian install di PC.

Langkah1: Install PCSX2 0.9.8
klik Next ...
Tahap di atas adalah menginstall Microsoft Visual C++ x86, klik saja install...
Jika terhubung dengan internet pada saat instalasi, maka dilanjutkan dengan install Directx SDK, seperti gambar berikut ...

jika instalasi selesai ... klik Close


Tetapi jika ingin install DirectX nanti, anda bisa download install Offline DirectX dari link ini.





Oke, sekarang melaju ke langkah 2: mengkonfigurasi Bios, Plugins dan setting plugins. Buka Aplikasi PCSX2
Klik aja Next,.. selanjutnya konfigurasi plugins untuk pertama kali, biarkan dulu default setting seperti gambar dan klik Next

Pilih direktori bios, dengan menghilangkan check list pada Use Default Setting dan klik Browse
atau extract bios PCSX2 ke folder default yakni pada folder "C:\Users\PC_Anda\Documents\PCSX2\Bios" seperti gambar berikut ini:
 ...
 selanjutnya refresh list, dan pilih salah satu bios,

Langkah 3: Config -> Video (GS) --> Plugin Settings ...

Pilih Direct3D10 dan setting seperti gambar berikut ini:
klik OK...
Setting  juga joystick yang anda gunakan ...
...

setting sesuai dengan konfigurasi yang anda inginkan.
Selanjutnya, pilih CDVD, pilih iso jika game anda simpan di hardisk dengan jenis file image (file.iso), jika anda menggunakan CD DVD PS2, maka pilih plugin

Jika memilih Iso, kemudian pilih Iso Selector, dan pilih game yang anda simpan dalam hardisk.

Sampai tahap ini anda (maksudnya saya) sudah bisa bermain PS2 di Windows 7. tetapi tidak semua game PS2 bisa dimainkan dengan lancar, menggunakan spek komputer saya di atas, mungkin jika menggunakan spesifikasi PC yang lebih tinggi, hasil akan baik. Berikut screen shoot Avatar dan Wild Arms 3 yang saya coba, dan berjalan dengan lancar:
Saya juga mencoba game yang lain, seperti God Hand, God Of War, WE 2013, Tekken 4, Capcom VS SNK, KOF, Residen Evil, Devil May Cry 3, Need For Speed Hot Pursuit, bisa berjalan walaupun agak lambat. sedangkan game yang berjalan tetapi grafis belum sempurna diantaranya Burn Out Take Down.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Wassalam..

No comments:

Post a Comment