Thursday, April 10, 2014

Ganti Thermal Paste ASUS eeePC 1215P

Akhirnya lanjutan posting sebelumnya kesampean hehehehe...
Akibat netbook yang sudah tidak bekerja sempurna, mulai timbul panas yang tidak wajar dari bagian bawah casing, bunyi kipas yang mengganggu, booting OS dan membuka aplikasi yang terasa amat sangat lambat, inilah saatnya bagi "saya" untuk membuka dan mengganti thermal pasta. pada posting sebelumnya, kelanjutannya boleh anda baca pada artikel berikut ini.

Jangan lupa "ber-do'a" dan siapkan perlengkapan dan peralatannya :) (juga segelas kopi biar gak ngantuk hehehehe)


Setelah keyboard, toucpad dan cover casing netbook berhasil di lepas, anda tinggal melepas semua sekrup yang terlihat pada Motherboard, namun yang perlu anda perhatikan adalah:

1. Sekrup yang tertutup kabel lcd sebelah kiri, seperti terlihat pada gambar berikut ini

2. Dua buah sekrup yang terdapat di bawah kabel (entah apa namanye hehehehe... akutaktau), seperti pada gambar berikut ini

3. Jika sudah terlepas, selanjutnya lepas 7 buah sekrup heatsink seperti di tunjukkan pada gambar berikut ini
4. setelah heatsink dilepas, bersihkan pasta lama menggunakan cairan pembersih (saya gunakan alkohol) pada bagian heatsink dan juga pada processor nya,


5. Setelah bersih, kalau saya menunggu sejenak sampai cairan diperkirakan kering, setelah itu oleskan pasta yang baru pada processor, ratakan dengan ID Card atau kartu SIM bekas, dan pasang kembali heatsink seperti posisi semula.

6. Beressss... dan Netbuk ASUS eeePC 1215P punyaku normal kembali, dan bisa digunakan menulis posting ini.

Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.. Wassalam.

1 comment: