Monday, May 26, 2014

Pengalaman Berharga di Mangga Dua

Ceritanya tanggal 17 mei 2014, waktu saya di manggadua mall jakarta, sama pak Yayat Ruhiyat, pak handiman dan mang sadim, keliling2 cari enterkomputer, tibalah waktu sholat duhur, sebelumnya kami makan di lantai 5 dan selesai makan, bertanyalah saya sama bibi warung, "Bi, musholla ada dimana ya" dan si bibi tukang warung menjawab, "Bapak turun ke lantai 4 pak, terus ke arah lift, di samping lift ada toilet, bpk terus aja lurus sampe ketemu jalan keluar belok aja ke kiri, musholla nya da di tempat parkir", makasih Bu
Agak sulit juga mau ke musholla, sebab mata kami tertarik ke kanan kiri oleh barang2 elektronik yang ada di lantai empat.
Sampe di musholla saya lepas sepatu, taro sepatu di rak, trus ikut antri ambil air wudlu, karena ada karpet dari pintu musholla ke tempat wudlu saya antri telanjang kaki, tapi salah satu anak muda dari yang ngantri menegur saya "Pak pinjem sendal aja, takut ada najis," saya jawab "oh ya makasih" dan saya ikutin, balik lagi ke pintu pake sendal jepit yang ada disitu, kebetulan yang saya pake ada tulisan musholla nya, jadi saya gak pake punya orang lain tanpa ijin, lain halnya sama pa yayat, saya lihat beliau pake sendal agak bagus mirip2 merek eger lah dan kayaknya ga ada tulisan musholla nya :D
Beres ambil air wudlu saya kembali ke musholla, di dalam masih ada yang sholat, 3 makmum 1 imam masih ada di saf depan, yang di belakang ada yang masbuk, dan ada juga yang sholat sendiri. Trus di saf ke dua saya lihat ada yang kosong. Kebiasaan saya kalo ada tempat kosong, dan ini musholla di tempat umum saya langsung sholat sendiri. Gak peduli sama berjamaah, toh yang lain juga mikir sama. Eh ternyata, ada lagi anak muda yang narik saya dari belakang, dan ia bilang "Pak nanti, berjamaah" sambil nunjuk ke arah  sajadah yang masih dipake sama imam sebelumnya yang masih tartib dan doa selepas sholat.
Beres yang di depan, dan saf pertama sudah kosong tapi saf kedua masih ada yang sholat, lagi-lagi kebiasaan lama saya langsung isi saf pertama yang kosong, tapi pas saya lihat di belakang, beberapa orang anak muda termasuk didalamnya yang menarik saya masih tetap di pintu, gak ada yang ikut ngisi saf yang udah kosong. saya melihat ke arah mereka dan salah satu yang berdiri, anak muda juga yang punya kulit paling hitam menunjuk ke saf kedua yang masih ada 3 orang kalo gak salah masih sholat. Malu saya, sudah tua tapi masih begini, banyak gak faham ilmu agama, waduuuh. Lepas itu kami sholat berjamaah, setelah saf kedua kosong. Dalam sholat saya terus kepikiran 3 peristiwa tadi.
Subhanalloh, jadi kepikiran omongan kang Cece Gyfar, sama saya "sekarang mah sufi itu banyaknya di kota besar kang" yang pasti jakarta juga kota besar, dari peristiwa itu makin tahu saya bahwa orang beriman itu yang pasti gak bisa dilihat dari kulit, diri mereka cuma Alloh yang tahu, makin tahu saya kalo saya ini gak ada apa-apanya, dan mungkin juga belum punya bekal buat "menghadap", kalo bekal dosa mah udah numpuk mungkin, mudah2an di ampuni, yang pasti pelajaran berharga, pantesan lagu iwan fals yang cerita gunung merapi meletus yang syairnya begini
"Hey Tuhan katanya engkau maha bijaksana, tolong pindahkan merapi ke kota, tempat segala macam dosa"
Hanya Alloh lah yang tau, Wallahu a'lam....

No comments:

Post a Comment